Senin, 11 April 2011

Mengenal R.A. Kartini lewat film

Tanggal 22 April yang kita kenal sebagai hari Kartini biasanya hanya diisi dengan karnaval baju adat, pawai dan kegiatan lainnya yang sering kita lakukan sejak masih TK. Namun, sadarkah kita akan arti dari kegiatan-kegiatan tersebut? Dan apakah kegiatan-kegitan tersebut sudah membuat kita semakin mengenal R.A. Kartini? Selain dari buku-buku sejarah, ada media lain yang dapat membuat kita semakin mengenal R.A. Kartini. Media tersebut adalah FILM. 

R.A. Kartini adalah sebuah film drama perjuangan Indonesia yang diproduksi pada tahun 1984. Film yang disutradarai oleh Sjumandjaja ini dibintangi antara lain oleh Yenny Rachman, Bambang Hermanto dan Adi Kurdi.

Sinopsis
Film ini mengisahkan tentang perjuangan R.A. Kartini dalam memperjuangkan hak kaum wanita Indonesia yang pada saat itu masih belum disetarakan dengan hak-hak kaum pria dalam hal mendapatkan pendidikan dan sebagainya (emansipasi wanita).

Buku
Film ini diterbitkan berdasarkan isi dari buku 'Biografi Kartini' yang ditulis oleh (alm.) Sitisoemandari Soeroto.

Identitas Film R.A. KARTINI


Sutradara            : Sjumandjaja
Produser             : PT Nusantara
Pemeran             : Yenny Rachman
    Bambang Hermanto
    Adi Kurdi
    Nani Widjaya
    R.M. Wisnoe Wardhana
    Swandari Wardhana
    Chintami Atmanegara
Musik oleh          : Sudharnoto
Sinematografi      : Soetomo Ganda Soebrata

Saat ini untuk menonton film R.A Kartini melalui media VCD atau DVD mungkin akan sangat sulit, namun kita dapat menontonnya melalui YouTube.

Selamat Menonton :)  

0 komentar:

Posting Komentar